Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Pohon Cendana Berbau Harum

Pohon cendana banyak disukai orang, salah satu alasanya karena memiliki bau harum. Ada pertanyaan menarik dari wanginya batang kayu cendana ini, kira-kira mengapa ya kayu cendana bisa berbau harum?

Setelah mencari beberapa literatur ternyata cukup sulit menemunkan jawabnnya. Sebenarnya untuk menjawab pertanyaan di atas cukup mudah jika dinalar dari peran genetik yang dimiliki oleh kayu cendana.



Bingung? Yuk simak penjelasannya di bawah ini, admin akan mencoba menjelaskan secara simpel dengan bahasa yang insyallah mudah dipahami oleh semua orang.

Jadi begini, wangi harum pada pohon cendana itu karena adanya minyak atsiri yang terdapat di dalam kayu cendana. Pohon cendana memproduksi minyak atsiri ini dari hasil metabolisme.

Apa itu metaboliseme? Metabolisme adalah reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh oraganisme hidup salah satunya tumbuhan cendana, motabolisme beperan penting di dalam kelangsungan makhluk hidup.

Salah satu produk dari hasil metabolisme tumbuhan adalah minyak atsiri yang memiliki bau harum, gula pada batang tebu, dan lain-lain.

Setiap makhluk hidup memiliki proses metabolisme yang berbeda-beda sehingga produk yang dihasilkannya juga bebeda. Oleh sebab itu wangi dari minyak atsiri yang dihasilkan oleh pohon cendana berbeda dengan minyak atsiri yang dihasilkan pohon minyak kayu putih.


Jadi kesimpulannya adalah penyebab batang atau pohon cendana bisa berbau harum karena tumbuhan cendana memproduksi minyak atsiri yang beraroma wangi sehingga menjadikan kayunya memiliki bau harum. Demikian yang bisa admin sampaikan, semoga bermanfaat untuk para pembaca dan sampai jumpa pada halaman yang lainnya.