Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Mengapa Batang Pohon Cendana Sering Dijadikan Bahan Bangunan

Apakah sobat pernah melihat sebuah bangunan yang salah satu bahannya menggunakan batang pohon cendana? Jika iya pasti terbesit dalam pipikiran sebuah pertanyaan, kira-kira mengapa ya menggunakan kayu cendana?

Penggunaan pohon cendana sebagai bahan bangunan bukan tanpa alasan, tetapi ada makna dan tujuan khusus di dalamnya. Biasanya bangunan yang menggunakan kayu cendana ini ada di Bali dan daerah-daerah lainnya.



Kayu cendana di pilih sebagai bahan bangunan karena memiliki ke unggulan dari kayu lainnya, diantaranya kayu cendana ini termasuk kayu yang kuat sebab kayu ini memiliki jaringan sklerenkim yang berkembang sangat baik, dinding selnya juga mengalami penebalan lignin.

Warnanya coklat dengan tekstur kayu yang agak halus, memiliki permukaan licin juga agak mengkilap dan yang tidak kalah menariknya lagi kayu dari pohon cendana memiliki bau yang harum sehingga banyak disukai orang sebagai bahan bangunan.

Selain keunggulan di atas, kayu cendana dipilih sebagai bahan bangunan karena memiliki nilai ke sakralan yang tinggi, dan kayu ini juga digolongkan jenis kayu istimewa yang memiliki harga sangat mahal. Jadi wajar-wajar saja jika banyak digunakan dalam bahan bangunan.


Jadi itu alasan mengapa batang pohon cendana sering digunakan sebagai bahan bangunan, sekarang apakah sobat juga berminat menggunakan pohon ini untuk dijadikan bahan bangunan? Jika siap-siap merogoh kocek cukup dalam kerana harganya lumayan mahal. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih.