Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Pohon Cendana Hampir Punah

Pohon cendana memiliki daya tarik yang sangat tinggi dan banyak disukai oleh orang untuk dijadikan bahan cinderamata atau bahan bangunan, namun pohon cendana saat ini jumlahnya sudah sangat terbatas bahkan sudah hampir punah.

Mengapa pohon cendana terancam punah? Karena jumlah kebutuhan yang meningkat tidak berimbang dengan bertambahnya populasi pohon cendana.

Alasan yang mendasari mengapa pohon cendana hampir punah karena tumbuhan ini sangat sulit untuk dikembangbiakkan. Perburuan kayu cendana di hutan secara agresif namun penambahan pohon cendana sangat sedikit sehingga terjadi ketidak seimbangan antara kebutuhan dan ketersediaan.


Apabila ini dibiarkan terus meneru maka bukan tidak mungkin pohon cendana akan mengalami kepunahan, dan yang tersisa hanyalah nama dan produk-produk olahannya yang masih tersisa.

Oleh sebab itu perlu adanya upaya untuk melestarikan pohon cendana dengan riset dan penelitian guna mempermudah pembibitan dan penanaman pohon cendana sehingga dapat terhindar dari kepunah serta mencukupi kebutuhan produk olahan pohon cendana.

Produk pohon cendana yang bernilai tinggi adalah kayu cendana dan minyak cendana. Hal ini bisa menjadi peluang bagi para pebisnis untuk masuk kesektor pohon cendana, bisa di pembibitan ataupun pengolahannya.


Tapi ingat, selalu jaga kelestariannya dan usahakan jangan merusak lingkungan dalam melakukan bisnis yang memanfaatkan sumber daya alam. Semoga ulasan mengenai mengapa tumbuhan cendana hampir punah dapat bermanfaat untuk para pembaca, terimakasih dan sampai jumpa.