Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Mengapa Kayu Cendana Banyak Disukai Orang

Beberapa alasan yang menjadi penyebab mengapa kayu cendana banyak disukai orang adalah karena kayu cendana termasuk jenis kayu yang kuat, permukaan yang licin serta mengkilap, memiliki warna kayu coklat dan yang tidak kalah menariknya adalah bau harum yang dikeluarkan oleh kayu cendana.

Selain karena keunggulan diatas, kayu cendana disukai banyak orang karena jumlahnya yang terbatas dan ekslusif sehingga hanya kalangan tertentu saja yang dapat memilikinya. Nilai dari satu pohon cendana ada yang bernilai hingga ratusan juta rupaih.

Kayu cendana juga banyak dipilih sebagai bahan ukiran untuk cinderamata karena ke unikan dan kunggulan yang dimiliki kayu ini.


Mengapa kayu cendana jumlahnya sangat terbatas dan ekslusif? Karena tumbuhan ini sulit untuk dikembangbiakkan/diperbanyak sehingga pertambahan populasinya sangat sedikit namun kebutuhan kayu cendana terus meningkat.

Hukum ekonomi juga terjadi pada kayu cendana, karena permintaan yang tinggi namun ketersediaan produk yang terbatas membuat kayu cendana bernilai tinggi di pasaran.

Dibeberapa daerah kayu cendana juga dianggap kayu istimewa yang memiliki kesakralan yang tinggi sehingga kayu ini banyak digunakan pada bahan bangunan dan kerajinan yang memiliki nilai tambah mengalahkan jenis kayu lainnya. Jadi wajar saja banyak orang yang suka.

Sebenarnya tidak hanya kayu cendana saja yang di sukai oleh banyak orang tetapi minyak cendana juga disukai loh. Manfaat minyak cendana dipercaya bisa mengobati beberapa penyakit. Untuk lebih jelasnya tentang manfaat minyak cendana bisa googling aja. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa.