Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Tidur Merupakan Istirahat Yang Paling Baik?

Saat tubuh sedang capek, letih dan lelah istirahatlah yang paling dibutuhkan, dan istirahat yang paling baik adalah dengan tidur. Mengapa tidur merupakan istirahat terbaik, apa alasannya?

Tidur adalah kondisi dimana manusia beristirahat secara alami dimana fisik, otak dan jiwa beristirahat dari segala macam aktifitas.

Manfaat dari istirahat adalah mengembalikan kesegaran tubuh, fikiran dan jiwa. Istirahat bisa dengan duduk santai, berbaraing, atau sambil bermeditasi. Namun ada isitrahat yang paling baik yaitu tidur.


Alasan Mengapa Tidur adalah Istirahat Terbaik
Karena pada saat tidur tubuh manusia memperbaiki sel-sel yang rusak secara optimal, dengan tidur yang cukup maka tubuh akan segar kembali. Oleh sebab itu mengapa manusia butuh tidur yang cukup.

Kebutuhan waktu tidur bedasarkan usia 
Bayi membutuhkan tidur rata-rata selama 20 jam per hari.
Anak yang berusia antara 3-5 tahun membutuhka 10-12 jam per hari
Anak remaja berumur sekitar 12 tahun membutuhkan hanya sekitar 9 jam tidur per hari.
Sedangkan Orang dewasa sekitar 8 jam tidur per hari.

Apa Saja Yang Terjadi Saat Manusia Tidur?
Pada saat tidur hormon pertumbuhan akan banyak diproduksi sehingga apabila kekurangan tidur akan bepengaruh pada pertumbuhan. Dengan tidur yang cukup dapat membantu memperkuat tulang, menambah masa otot, merangsang pertumbuhan badan dan otak. Oleh sebab itu penting bagi sobat yang memiliki anak untuk mengatur jam tidurnya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.