Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Tidur Tidak Boleh Memakai Headset?

Tidur menggunakan headset tidak baik untuk kesehatan telinga, oleh sebab itu mengapa sebaiknya tidak menggunakan headset saat sobat akan tidur. Apasih pengaruh headset untuk telinga kita?

Menggunakan headset saat tidur memiliki kelebihan khusus saat ingin mendengarkan audio secara privasi agar tidak terdengar orang lain, selain itu audio sebagai pengantar tidur sambil mendengarkan music favorit. Namun semua itu memiliki efeksamping jika terlalu sering digunakan.


Beberada efek buruk apabila sering memakai headset saat tidur :

1. Merusak sistem pendengaran
Mendengarkan audio melalui headset secara terus menerus saat tidur dapat menurunkan kemampuan mendengar dan merusak gendang telinga, apalagi audio disetel dengan volume yang tinggi. Memang kemampuan pendengaran tidak akan turun secara langsung tetapi secara perlahan, dan dalam jangka waktu yang lama akan terasa penurunannya.

2. Melemahkan ingatan
Saat tidur adalah waktu isitirahat untuk otak dan fisik, saat mendengarkan music terus menerus saat tidur maka otak akan kekurangan istirahat dan akhirnya sel-sel otak tidak mampu memulihakan diri sehingga berpengaruh pada kinerja otak seperti ingatan dan daya tangkap.

3. Melukai kulit telinga
Headset yang terbuat dari silicon atau plastik dapat melukai kulit telinga apalagi kulit sensitif. Gesekan headset secara terus-menerus dapat membuat kulit menjadi iritasi.

Itulah sebab mengapa tidur menggunakan headset tidak diperbolehkan, jika memang sangat ingin ya gunakanlah sesekali saja jangan terus-menerus. Saran nih dari admin, jika ingin menyetel audio sebagai pengantar tidur sebaiknya jangan menggunakan headset tetapi gunakankan speaker dengan volume yang rendah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.