Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Tidur Pagi Dilarang?

Beberapa orang mengalami sulit tidur dimalam hari sehingga pada pagi harinya merasa ngantuk dan akhirnya tidur dipagi hari, namun banyak orang yang mengatakan bahwa tidur pagi itu dilarang karena berbagai alasan.

Mengapa ya tidur pagi itu dilarang? padahalkan enak banget tidur pagi karena badan masih terasa ngantuk. Ada beberapa alasan mengapa tidur pagi itu sebagiknya dihindari, adapaun ulasannya sebagia berikut :
1) Dari Sudut Pandang Medis
Berdasarkan artikel alodokter bahwa tidur pagi dikaitkan dengan orang yang berlebihan dalam tidur atau kurang tidur sebab di malam harinya digunakan untuk bergadang, sehingga pagi hari tidur sebentar atau malam hari tidur tetapi dilanjutnyakan hingga siang hari akhirnya tidur lebih dari 8 jam sehari.
Berdasarkan penelitian kurang tidur atau tidur berlebihan dapat meningkatkan resiko diabetes, obesitas, sakit kepala dan depresi. Walaupun resiko ini tidak akan langsung dirasakan, tetapi jika dilakukan terus menerus akan mengakibatkan gangguang kesehatan yang cukup buruk.

2) Segi ekonomi
Pagi hari adalah waktu paling tepat untuk berolahraga dan menyiapkan diri sebaikmungkin untuk beraktifitas, apabila waktu pagi digunakan untuk tidur maka Anda kehilangan waktu berharga untuk beraktifitas membangun keuangan yang memadai.

Banyak orang percaya bahwa tidur pagi adalah kebiasaan buruk, orang pemalas dan orang yang tidak memiliki gairah hidup. Masih ingat pepatah yang berkata bahwa tidur pagi rezekinya dipatok ayam? Ya begitulah adanya.

3) Sudut Pandang Islam
Tidur pagi meninggalkan sholat subuh adalah larangan, lalu bagaimana jika tidur setelah sholat subuh? Jawabannya sebaiknya jangan, karena Nabi SAW bersabda maksudnya : “Pergilah awal pagi untuk mencari rezeki dan keperluan karena pagi membawa keberkatan dan kejayaan.” (Hadis Riwayat Tabrani, Ibnu Adi) diriwayat hadist yang lain Nabi SAW bersabda maksudnya : “Apabila kamu telah selesai solat subuh janganlah kamu tidur tanpa mencari rezeki.” (Hadis Riwayat Tabrani)

Jadi begitulah mengapa tidur pagi dilarang atau tidak dianjurkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa.