Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Ketika Akan Tidur Perlu Mematikan Lampu?

Mematikan lampu saat akan tidur untuk sebagian orang akan  sangat membantu meningkatkan kualitas tidurnya, namun bagi sebagian orang lampu menyela saat akan tidur mebuat mereka nyaman. Pertanyaanya sekarang perlukah mematikan lampu saat hendak tidur? Berikut ini alasannya.

Menurut pakar kesehatan tidur dengan lampu menyala dapat memaksimalkan kualitas tidur, jika kualitas tidur baik maka dampaknya juga pada kesehatan dan produktivitas kita sehari-hari.


Dalam ilmu medis tidur dengan lampu menyala akan menghambat produktifitas hormon melatonin/ hormon tidur yang salah satu befungsinya sebagai jam biologis tubuh. Selain sebagai jam biologis juga berperan dalam proses metabolisme, kemampuan konsentrasi, dan kesehatan kulit.

Lalu apa efeknya jika tidur dalam keadaan lamu menyala? Hormon melatonin tidak akan keluar sehingga akan berefek pada metabolisme tubuh dimalam hari, menurunkan kemampuan konsentasi dan efeknya buruk bagi kulit.

Bagi sobat yang sulit tidur apabila lampu dimatikan, sobat bisa menggunakan lampu tidur yang redup sehingga kondisi tempat tidur sebagian menjadi gelap. Namun bagi sobat yang sudah biasa tidur dalam kondisi lampu mati maka teruskanlah karena ini adalah kebiasaan yang baik.

Manfaat Mematikan Lampu 
Apabila sobat akan tidur mematikan lampu terlebih dahulu maka tubuh akan istirahat dengan kualitas maksimal sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat, selain itu akan membantu menghemat tagihan listrik di rumah sobat. Lumayankan dua manfaat sekaligus.